000000000 Kenapa sarapan pagi penting? - Ronal Gultom

Kenapa sarapan pagi penting?

Pada umumnya sarapan pagi sudah wajib bagi kita untuk mendapatkan energi yang akan di gunakan untuk memulai aktifitas harian kita.Sarapan pagi pun bisa di dapatkan dari berbagi menu untuk di santap di pagi hari sebelum beraktifitas,seperti biasanya bisa di dapatkan dari roti,nasi,dan yang lainnya. Mungkin di pikiran Anda bertanya seberapa penting sarapan pagi dan banyak juga orang tidak sarapan pagi sehat-sehat juga? jawabannya adalah Setelah Anda tidur selama 6-10 jam tanpa terisi makanan, maka energi tubuh anda akan berada dalam level terendah. Dalam kondisi ini, tubuh dan otak anda memerlukan bahan bakar. Selain itu, ketika tidur, tubuh anda telah mengeluarkan lebih dari 1 liter air melalui pernafasan, keringat dan di pagi hari kita pipis di toilet.

Jadi, tubuh anda di pagi hari bangun dengan keadaan ‘KOSONG’ dan di waktu yang sama ada 100 trilyun sel di tubuh anda yang bilang begini : : Hey,kembalikan nutrisi dan air yang sudah kamu pake selama 24 jam terakhir hari ini ! sampai di sini sudah paham kan? dan sarapan pagi yang Anda pilih akan bisa mempengaruhi fisik ,mood, dan berat badan Anda.Lho ko bisa ? Nih saya berikan penjelasannya di bawah ini !

1.Jika Anda sarapan pagi dengan nasi,roti,mie instan atau sarapan yang umum di masyarakat Indonesia.

Inilah yang terjadi… Pada saat karbohidrat masuk ke dalam tubuh Anda.karbohidrat tersebut akan menjadi gulu darah.meningkatnya gula darah akan menyebabkan di keluarkannya insulin dari pankreas.Insulin itu akan mengubah gula dalam tubuh anda menjadi energi 2-3 jama kemudian,pada saat insulin telah selesai melakukan tugasnya kadar gula dalam darah anda akan turun .Lalu Anda akan mengalami Rasa ingin makan,Siklus ini akan berulang lebih dari 3 kali sehari (pukul 10 – 11 siang, dan 3 – 4 sore) inilah yang bisa menyebapkan diabetes dan berat badan naik.

2.Jika Tidak Sempat Sarapan

Tidak sarapan juga tidak baik. Maka kadar gula darah anda di bawah batas normal. Biasanya anda akan sangat kelaparan dan lemas. Di siang hari anda cenderung untuk makan dan ngemil secara berlebihan. Akibatnya gula darah akan naik dan pankreas akan memproduksi insulin untuk menormalkan kadar gula darah. Dan anda pun sering merasa kelaparan.Hal ini akan menyebapkan tubuh Anda kelaparan dan sel-sel yang ada di tubuh Anda,sehingga pada saat anda makan tubuh ,Anda tidak akan dapat mengelola makanan tersebut dengan baik.Melainkan,tubuh anda cenderung akan menyimpan makanan tersebut sebagai lemak,siapa tau Anda tidak makan lagi. Jadi orang yang sering tidak sarapan pagi justru akan mengalami kenaikan berat badan.

Jika Anda sudah paham dari pertama dan ke dua,Mungkin di kepala Anda bertanya Jadi sarapan yang baik itu apa dan makanannya apa? Jika ini yang anda di pikiran Anda,ini jawabannya !

3.Awalilah dari Sarapan pagi dengan Makanan yang sehat dan bernutrisi berimbang,lihat gambar di bawah ini:

Nutrisi ini memberikan zat gizi penting dan energi yang anda butuhkan tanpa meningkatkan kadar gula danjuga level insulin. Anda tidak akan kelaparan sepanjang hari,karena Selera makan anda terkontrol, keinginan ngemil berkurang, dan anda akan mendapatkan cadangan energi dari lemak sehingga anda lebih bertenaga sepanjang hari.

Apakah penting sarapan pagi? Yap,sangat penting seperti yang sudah saya jelaskan di atas,oleh karena itu sarapan pagi juga bisa mempengaruhi dari penurunan berat badan Anda.Kalau mau turun berat badan ingatlah selau sarapan pagi dan sumber yang baik dan sehat,dan apapun tujuan Anda selalulah sarapan pagi yang sehat dan bernutrisi.

Ok,semoga artikel ini bisa membantu atau memberikan sedikit gambaran untuk Anda,Jika Anda suka dengan artikel ini silahkan Anda bagikan,supaya apa yang dapatkan di sini,bisa di dapatkan orang lain juga.Terimaksih.

Baca Juga :

Cara Membakar Kalori

Tips Body Fit 

Otot Paha Anda Mau Lebih kencang ?Klik 

 

 

Comments are closed.